Aplikasi RKAS Versi 2.0 Terbaru Tahun 2020 Untuk Jenjang TK,SD,SMP,SMA/SMK

Aplikasi RKAS Versi 2.0 Terbaru Tahun 2020 Untuk Jenjang TK,SD,SMP,SMA/SMK - Hallo sahabat Website Pendidikan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Aplikasi RKAS Versi 2.0 Terbaru Tahun 2020 Untuk Jenjang TK,SD,SMP,SMA/SMK, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Dana BOS, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Aplikasi RKAS Versi 2.0 Terbaru Tahun 2020 Untuk Jenjang TK,SD,SMP,SMA/SMK
link : Aplikasi RKAS Versi 2.0 Terbaru Tahun 2020 Untuk Jenjang TK,SD,SMP,SMA/SMK

Baca juga


Aplikasi RKAS Versi 2.0 Terbaru Tahun 2020 Untuk Jenjang TK,SD,SMP,SMA/SMK


Kherysuryawan.id – Update cara mendownload aplikasi RKAS untuk versi terbaru tahun anggaran 2020 untuk seluruh jenjang pada satuan Pendidikan anak usia dini, Pendidikan dasar dan Pendidikan menengah.
Sahabat guru dan tenaga pendidik yang berbahagia di manapun anda berada, selamat berjumpa kembali di postingan ini, dan pada postingan ini saya akan membahas mengenai salah satu hal penting yang harus di lakukan oleh seorang bendahara yang di tugaskan pada salah satu sekolah baik sekolah TK,SD,SMP,SMA/SMK. Perlu anda ketahui bahwa saat ini setiap satuan Pendidikan sudah di wajibkan untuk dapat menggunakan aplikasi RKAS yang dapat di jalankan oleh seorang bendahara sekolah untuk melakukan pelaporan dana bantuan operasional sekolah di sekolahnya masing-masing.

Sebelum kita membahas lebih jauh seputar aplikasi RKAS terbaru yang akan di gunakan saat ini di tahun ajaran 2020 maka terlebih dahulu saya akan menjelaskan sedikit mengenai apa itu dana BOS dan apa manfaat yang akan di hasilkan dalam penggunaan aplikasi RKAS untuk pelaporan dana BOS.
Dana BOS merupakan bantuan yang di terima oleh sekolah dalam bentuk uang tunai dengan tujuan untuk pengembangan sekolah dan peningkatan mutu Pendidikan di setiap satuan Pendidikan. Untuk melakukan pelaporan dalam penggunaan dana BOS maka di perlukan sebuah alat yang mana saat ini alat yang di maksud adalah berupa sebuah aplikasi dengan sebutan RKAS.

RKAS merupakan singkatan dari rencana kegiatan dan anggaran sekolah. Melalui aplikasi RKAS maka sekolah harus membuat sebuah perencanaan yang akan di gunakan dalam penyaluran dana bantuan sekolah. Setiap sekolah sebelum mencairkan dan menggunakan dana bantuan sekolah, tentunya telah memiliki perencanaan penggunaan anggaran tersebut yang nantinya perencanaan tersebut di masukkan kedalam aplikasi RKAS sehingga rencana tersebut dapat menjadi sebuah laporan yang sifatnya transparan dan tidak mengada-ada.

Sebenarnya aplikasi RKAS telah di gunakan sejak tahun-tahun sebelumnya namun hingga saat ini masih banyak juga sekolah yang belum menggunakannya namun di tahun 2020 ini pemerintah telah memberikan surat edaran yang mewajibkan setiap satuan Pendidikan untuk menggunakan aplikasi RKAS dalam memberikan pelaporan kegiatan penggunaan dana bantuan operasional sekolah.
Seperti yang kita ketahui saat ini telah banyak perubahan yang terjadi dalam penganggaran dana BOS di tahun 2020 ini, mulai dari anggaran yang sudah langsung dapat di salurkan ke rekening sekolah masing-masing serta pos penggunaan anggaran yang sudah semakin membaik khususnya untuk peningkatan kualitas Pendidikan dan kesejateraan pendidik dan tenaga kependidikan.

Saat ini aplikasi RKAS telah kemabali dirilis dengan versi terbarunya di tahun 2020 yaitu aplikasi RKAS versi 2.0. pada versi ini terdapat beberapa perubahan dan juga perbaikan yang dapat di nikmati dalam penggunaannya.
Bagi anda yang ingin mengetahui jenis perubahan atau pembaharuan yang terdapat di aplikasi RKAS terbaru ini, maka lihatlah jenis pembaharuannya di bawah ini.
Pembaruan ARKAS versi 2.0 mengakomodir perubahan sesuai mekanisme BOS reguler tahun 2020, diantaranya yaitu:
  • Pembaruan tampilan
  • Perubahan Aktivasi BKU dari Triwulan ke Tahapan
  • Perubahan laporan realisasi (K7a) per Triwulan menjadi per Semester
  • Referensi Kode menggunakan aturan juknis BOS terbaru
  • Salin Anggaran tahun sebelumnya untuk SMA, SMK dan SLB di hapus dikarenakan berbeda total referensi kode nya
  • Pilihan guru yang ber-NUPTK dan belum bersertifikat pada saat memilih kegiatan Pembayaran Honor Guru
  • Pilihan tenaga administrasi saat memilih kegiatan Pembayaran Honor Tenaga Administrasi
  • Pilihan pegawai perpustakaan saat memilih kegiatan Pembayaran Honor Pegawai Perpustakaan
  • Pilihan Honor penjaga sekolah/satpam/pegawai kebersihan saat memilih kegiatan Pembayaran Honor penjaga sekolah/satpam/pegawai kebersihan
  • Data Siswa update berdasarkan Kepmendikbud
  • Penambahan anggaran SilPA BOS Afirmasi / Kinerja
Bagi anda yang memiliki tugas sebagai bendahara sekolah dan belum memiliki aplikasi RKAS versi terbaru tahun 2020 ini, maka anda dapat memilikinya melalui postingan ini.
Baiklah bagi anda yang membutuhkan aplikasi RKAS versi 2.o terbaru tahun 2020 ini, maka di bawah ini anda dapat memiliki filenya. Adapun file aplikasi RKAS tersebut memiliki ukuran sebesar kurang lebih 19,3 megabyte dan berikut ini filenya.
  • Aplikasi RKAS Terbaru Tahun 2020 (disini

Setelah anda berhaasil melakukan pengambilan file aplikasi RKAS di atas maka langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan ialah melakukan proses instalasi aplikasi RKAS tersebut agar dapat di gunakan untuk melakukan pelaporan perencanaan kegiatan anggaran sekolah anda. Bagi sekolah yang telah menginstal ARKAS versi sebelumnya, maka dapat langsung melakukan installasi ARKAS versi 2.0 tanpa harus melakukan install ulang Aplikasi ARKAS terlebih dahulu

Demikianlah informasi mengenai aplikasi RKAS versi terbaru tahun 2020 ini, kiranya melalui postingan ini anda dapat menggunakan aplikasi RKAS dengan baik dan dapat melakukan pelaporan anggaran kegiatan sekolah dengan benar dan transparan.
Selamat bekerja, semoga sukses selalu.


Demikianlah Artikel Aplikasi RKAS Versi 2.0 Terbaru Tahun 2020 Untuk Jenjang TK,SD,SMP,SMA/SMK

Sekianlah artikel Aplikasi RKAS Versi 2.0 Terbaru Tahun 2020 Untuk Jenjang TK,SD,SMP,SMA/SMK kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Aplikasi RKAS Versi 2.0 Terbaru Tahun 2020 Untuk Jenjang TK,SD,SMP,SMA/SMK dengan alamat link https://sfadsadd.blogspot.com/2020/02/aplikasi-rkas-versi-20-terbaru-tahun.html

0 Response to "Aplikasi RKAS Versi 2.0 Terbaru Tahun 2020 Untuk Jenjang TK,SD,SMP,SMA/SMK"

Posting Komentar